Selasa, 26 Juli 2011

Mengenali Stroke

Views

Pada suatu pesta, seorang teman saya, Vera tiba2 tersandung & jatuh. Ia meyakinkan semua orang bahwa dia baik2 saja, hanya tersandung batu karena sepatu yang baru. Vera terus ber-senang2 sepanjang malam. Beberapa waktu berselang, suaminya menelepon bahwa isterinya dibawa ke RS. Dan jam 6 pagi meninggal. Ia terkena serangan stroke saat pesta. Kalau saja di antara mereka ada yang tahu bagamana mengenali stroke, kemungkinan Vera masih bisa hidup. Seorang Neurolog menyatakan bahwa penderita stroke dalam 3 jam pertama serangan dapat sembuh total sama sekali.

Kita harus dapat dengan cepat mengenali gejala, mendiagnosis & membawa pasien untuk pengobatan ahli sesegera mungkin. Jangan lewat dari 3 jam, karena kalau tidak akan terjadi kerusakan permanen.

MENGENALI STROKE:
Ingat 3 langkah 'STR'. Para dokter menyatakan orang terdekat dapat mengenali stroke dengan menanyakan 3 pertanyaan sederhana:
  • S: SMILE. Minta penderita untuk tersenyum. Kalau pipi miring, maka ada kelumpuhan saraf.
  • T : TALK. Minta orang tersebut untuk berbicara kalimat singkat (misal: Hari ini cerah, atau apa saja). Kalau omongannya pelo, ini gejala stroke.
  • R : Minta dia untuk RAISE BOTH ARMS (Mengangkat kedua lengan). Kalau tidak bisa mengangkat artinya ada kelumpuhan akibat stroke.
Jangan terlambat panggil ambulans. Jika ada salah satu dari gangguan untuk melakukan STR, segera panggil ambulans & ceritakan keadaan ini kepada petugas.

Cara lain untuk mengenali stroke adalah: Minta orang tersebut menjulurkan lidahnya. Jika lidah "bengkok", menyimpang ke satu arah, ini merupakan suatu tanda dari stroke.

Tidak ada komentar: